Inilah Perbedaan Mendasar Antara Cat Interior Dengan Eksterior

Diposting pada

Cat Kolam Renang – Pada dasarnya, pilih cat baik cat interior ataupun cat eksterior tidak bisa asal pilih, gara-gara karakteristik pada keduanya miliki ciri khas tersendiri. Untuk itu, sebelum saat Anda merenovasi tempat tinggal dengan merubah warna cat nya, Anda perlu mengetahui lebih jauh apa perbedaan cat interior dengan eksterior. Dan pada peluang kali ini, Diminimalis akan fokus mengkaji untuk Anda masing-ma

Mengapa kita perlu membedakan ke dua cat tersebut?

Dinding dengan terpaan cahaya matahari, hujan, dan perubahan cuaca, bisa membawa dampak dinding bagian luar nudah mengalami kerusakan. Kerusakan dinding membawa dampak rembesan air pada waktu musim hujan ke dinding dalam, dan menyebabkan flek-flek pada dinding bagian dalam. Hal inilah yang membawa dampak kita untuk perlu mengaplikasikan cat khusus untuk interior maupun eksterior tempat tinggal kita.

Cat interior dengan eksterior, apa saja perbedaan keduanya?
Meski cat interior dengan eksterior sama-sama berfungsi untuk menonjolkan segi estetika, cat interior tidak boleh mengandung bahan yang beresiko bagi anak-anak. Sedangkan pada cat eksterior, selain miliki mutu warna yang bagus, cat ini perlu lebih bisa melindungi dinding berasal dari kerusakan akibat pengaruh cuaca.

Pemanfaatan cat Interior

Cat interior kebanyakan diaplikasikan pada bagian di dalam tempat tinggal untuk menonjolkan segi estetika dengan dukungan warna dan tekstur cat khusus. Cat interior bisa dicermati berasal dari kehalusan penampilan susunan cat dan warnanya. Namun cat model ini tidak bisa digunakan untuk cat pada ekterior rumah, hal ini disebabkan oleh lemahnya energi tahan cat pada cuaca.

Biasanya, cat interior lebih ringan untuk dibersihkan, tahan pada rembesan air, tidak ringan keropos dan termasuk miliki energi rekat yang cukup tinggi. Cat interior pada kebanyakan bebas berasal dari kandungan logam berat ataupun bahan-bahan yang beracun. Namun, ini kembali kembali pada merek cat yang Anda gunakan.

Bahan cat interior

Cat interior tempat tinggal tidak terkena perubahan suhu yang drastis, supaya resin yang digunakan untuk mengikat cat berupa lebih kaku. Cat interior dibuat dengan bahan-bahan yang membuatnya lebih ringan dibersihkan, tahan pada goresan, anti noda, dan hasil pewarnaan yang lebih baik. Cat interior bebas berasal dari kandungan logam berat layaknya lead (Pb), cadmium (Cd), chromium (Cr) dan merkuri (Hg). Hal ini ditujukan supaya tidak ada pengaruh samping berasal dari menghirup aroma cat ini di di dalam rumah.

Saat ini komposisi cat interior tambah dikembangkan untuk memberi tambahan mutu terbaik, supaya tidak ringan mengelupas, tidak ringan keropos, tahan pada rembesan air, serta miliki energi rekat yang tinggi. Bahkan cat interior waktu ini bisa ditambahkan dengan pengharum ruangan.

Pemanfaatan cat eksterior

Terpaan cahaya matahari, dingin, hujan, dan perubahan temperatur membawa dampak dinding bagian luar cepat mengalami kerusakan. Kerusakan ini nantinya akan menyebabkan flek-flek pada dinding bagian di dalam dan membuatnya ringan berjamur. Disinilah perlunya sebuah cat khusus eksterior yang tahan pada perubahan cuaca supaya tidak mudah rusak. Dari sini kita paham, bahwa cat eksterior akan amat kita butuhkan untuk memperindah penampilan dinding bagian luar.

Bahan cat eksterior

Cat eksterior dibuat menggunakan bahan-bahan yang tahan lama, anti jamur, dan tidak cepat memudar.
Cat eksterior perlu berupa fleksibel pada perubahan suhu dan kelembapan yang tinggi, supaya resin yang digunakan membawa dampak cat ini lebih lembut. Selain itu, cat eksterior termasuk perlu tahan lama dan miliki ketahanan luar biasa supaya tidak cepat mengelupas.

Cat eksterior yang bisa diggunakan untuk interior

Bila cat interior tidak bisa digunakan sabagai cat eksterior, maka cat eksterior ada yang bisa digunakan untuk cat interior, namun harganya lebih mahal daripada cat khsusua eksterior biasa.
Cat eksterior yang khusus digunakan untuk dinding eksterior, kebanyakan berbahan dasar air dan dan harganya lebih tidak mahal dibanding cat eksterior yang bisa digunakan untuk dinding interior sekaligus.

Cat eksterior yang bisa digunakan untuk cat interior, miliki bahan baku minyak dan bisa memberi tambahan kesan mengkilap pada dinding, ringan dicuci, serta tidak ringan keropos. Cat model ini sesuai dipalikasikan pada ruang bermain anak, yang rentan noda atau coretan di dinding. Bila ada banyak noda pada dinding tersebut, Anda bisa membersihkannya menggunakan lap basah.

Cat waterproof sebagai alternatif pelindung dinding

Setiap cat eksterior sudah tentu dibuat dengan bahan paling baik supaya bisa melindungi dinding berasal dari kerusakan akibat perubahan cuaca. Namun jikalau Anda inginkan membawa dampak dukungan lebih ekstra, Anda bisa menggunakan cat waterproof. Cat ini terbuat berasal dari bahan dasar acrylic waterproofing yang berupa anti bocor dan anti rembes.

Cat waterproof secara efektif bisa menghindar rembesan air ke di dalam rumah. Cat waterproof bisa diaplikasikan pada bagian di dalam ataupun luar dinding. Tujuan penggunaan cat waterproof pada dinding adalah membawa dampak dinding jadi tahan pada rembesan air, dengan demikian menghindar air masuk ke ruangan di dalamnya.

Cat waterproof sendiri merupakan keliru satu produk cat anti bocor dan tahan lama yang dibuat untuk melapisi dinding. Cat dinding ini miliki fungsi yang lebih unggul dibanding cat dinding biasa. Jika menggunakan cat dinding biasa kemungkinan mutu cat pada dinding tidak akan tahan lama supaya cat akan lebih cepat mengalami pengelupasan warna.

Demikian ulasan kita perihal perbedaan pada cat interior dengan eksterior. Semoga dengan mengetahui perbededaan pada keduanya, Anda bisa memaksimalkan fungsi ke dua model cat selanjutnya sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *