Kelebihan dan Kekurangan KPR syariah

Diposting pada

Kelebihan KPR syariah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, KPR syariah mengambil keputusan kuantitas cicilan yang tetap (fixed) setiap bulan dan tidak terkait pada suku bunga Bank Indonesia.

Akan tetapi, kudu diperhatikan dikarenakan tersedia sebagian bank yang tawarkan produk KPR syariah dengan proses bunga campuran (fixed pada sebagian th. pertama, kemudian floating hingga selesai jangka saat cicilan).

Dengan kuantitas cicilan yang terprediksi tersebut, Anda bisa lakukan perencanaan keuangan keluarga secara pasti. Selain itu, ketika ingin melunasi pembayaran lebih awal, debitur tidak bakal dikenakan penalti atau denda seperti pada KPR konvensional.

Untuk saat ini, uang wajah KPR syariah lebih enteng dibanding KPR konvensional, yaitu bisa sampai 10%, sedang pada KPR konvensional minimal 15%. Terakhir, proses pengajuan KPR relatif lebih cepat dengan syarat-syarat yang enteng sesuai dengan prinsip syariah.

lihat Juga : Perumahan Islami Tanpa Riba

Kekurangan KPR syariah

Dengan kuantitas cicilan yang tetap setiap bulannya, maka debitur tidak bakal bisa menikmati peluang membayar cicilan rendah ketika suku bunga turun.

Jika kita amati, perekonomian Indonesia dulu mengalami penurunan bunga yang terlalu berarti pada th. 2011-2013. Apabila keadaan itu terulang, maka Anda kudu rela membayar cicilan dengan kuantitas yang sama.

Sama halnya dengan KPR konvensional, KPR syariah termasuk bakal menerapkan proses denda jika debitur terlambat membayar.

Selain itu, tenor utang maksimal yang ditawarkan KPR syariah cuma sampai 15 th. saja. Berbeda dengan KPR konvensional yang bahkan menyediakan era tenor sampai 25 tahun.

Kesimpulannya, beruntung rugi yang dimiliki oleh KPR syariah sebenarnya bisa sesuai dengan profil risiko nasabah. Jika nasabah ingin kepastian, tentu KPR syariah adalah pilihan yang tepat.

Sementara untuk mereka yang ingin meminjam didalam jangka saat pendek, KPR konvensional bisa menjadi pertimbangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *