Pengertian Beras, fungsi dan Cara Mengolah

Diposting pada

Beras adalah bulir padi yang sudah terpisah dari sekamnya. Mengolah padi sampai jadi beras mesti melalui tahapan menumbuk gabah bersama memakai lesung. Gabah yang terkelupas kulitnya itulah yang dinamakan beras. Beras yang kerap kita konsumsi ini berwarna putih dan memiliki ukuran yang sangat kecil. Saat menggenggam beras rasanya sama layaknya menggenggam pasir sebab ukuran yang sangat kecil dan lumayan halus. Disamping itu beras memiliki beberapa model dan warna yaitu, beras merah, beras hitam, dan beras ketan. Kedua beras tersebut memiliki ukuran yang lebih kecil dari beras putih pada kebanyakan dan untuk beras ketan memiliki warna yang lebih transparan daripada beras putih. Biasanya semua model beras ini dimasak bersama cara menanank nasi sampai tanak atau untuk lebih mudahnya sanggup memakai rice cooker untuk memasaknya.

Fungsi
Beras sebagai menu pokok harian yang selalu dikonsumsi oleh hampir semua masyarakat Indonesia ini memiliki kandungan pati yang lumayan besar dibandingkan bersama sereal. Selain itu, didalam beras termasuk mengandung vitamin, protein, mineral, dan air. Beras yang mengandung karbohidrat ini sangat diperlukan untuk Anda yang memiliki banyak kegiatan sebab karbohidrat berguna sebagai pemasok daya untuk tubuh.

Dalam masakan, beras yang sudah jadi nasi memiliki rasa yang legit dan kadang waktu kalau memperoleh beras yang kuran bagus dapat menjadi anta atau hambar. Biasanya cara untuk menjadikan nasi jadi lebih gurih sanggup dimasak jadi nasi goreng ataupun dimasak bersama menggunakan mentega saja. Sedangkan untuk beras hitam dan beras ketan kebanyakan lebih kerap digunakan untuk memicu bubur ketan yang disiram bersama saus santan.

Lihat Juga : Supplier Beras Murah

Cara Mengolah
Memilih dan menyimpan beras bersama benar sanggup pengaruhi rasa dan kualitas beras yang dimasak. Beras yang tidak memiliki kualitas yang baik kebanyakan berlangsung waktu memilih. Jika kualitas beras yang dimiliki baik, dapat menghasilkan nasi yang sedap dan tidak bau. Berikut beberapa cara untuk memperoleh beras yang memiliki kwalitas dan tahan lama:

Cuci beras yang hendak dimasak. Gunakan air yang mengalir dan bersih. Jika sangat mungkin lebih baik memakai air matang pada cucian terakhir;
Cuci beras sebanyak 2 kali supaya kotoran layaknya gabah dan batu hilang dan bersih dari beras yang dapat dimasak;
Untuk memasak beras jadi nasi, cara mudahnya adalah bersama memakai rice cooker;
Isi air sebanyak satu ruas jari Anda. Caranya bersama memasukkan jari Anda ke didalam beras dan ukur kandungan air yang tersedia di didalam tempat rice cooker sampai raih satu ruas jari Anda;
Masak nasi pada rice cooker bersama menekan tombol cooker pada rice cooker Anda. Tunggu sampai matang dan tombol berpindah jadi warm pada rice cooker Anda;
Untuk memproduksi beras jadi masakan yang lebih gurih, Anda sanggup memasak nasi uduk. Cukup bersama memasaknya memakai tambahan santan, daun salam, dan cengkeh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *