Track dan lapangan

Diposting pada

Jual Running Track – Track dan lapangan, atau lintasan dan lapangan, merupakan suatu olahraga yang memadukan berbagai pertandingan atletik berdasarkan keterampilan berlari, melompat, dan melempar. Nama ini berasal dari tempatkhas yang digunakan untuk olahraga tersebut: sebuah stadion dengan lintasan lari berbentuk oval yang disertai suatu lapangan rumput di mana acara melompat dan melempar berlangsung. Olahraga selanjutnya merupakan keliru satu olahraga tertua. Pada zaman kuno, terdapat suatu acara di mana festival dan kompetisi olahraga digelar secara bersamaan, misalnya Olimpiade Kuno di Yunani.

Pertandingan lari, yang mana meliputi sprint, lari jarak menengah, lari jarak jauh, dan lari gawang, dimenangkan oleh atlet dengan waktu tercepat. Pertandingan melompat dan melempar dimenangkan oleh atlet yang bisa mencapai ketinggian atau jarak terbesar. Pertandingan melompat reguler misalnya lompat jauh, lompat jangkit, lompat tinggi, dan lompat galah; sedang pertandingan melempar yang paling lazim adalah tolak peluru, lempar lembing, lempar cakram, dan lontar martil. Ada termasuk “perlombaan gabungan”, seperti heptatlon dan dekatlon, di mana para atlet bertanding dalam sejumlah pertandingan yang disebutkan sebelumnya. Kebanyakan pertandingan trek dan lapangan merupakan olahraga perorangan dengan seorang pemenang tunggal, tapi beberapa di antaranya merupakan perlombaan estafet. Hampir seluruh pertandingan dipisahkan menurut gender, walau kompetisi untuk laki-laki maupun perempuan kebanyakan diadakan di tempat yang sama.

Trek dan lapangan dikategorikan di bawah naungan olahraga atletik yang termasuk termasuk lari jalan raya , lari lintas alam, dan jalan cepat. Di tingkat internasional, dua kompetisi trek dan lapangan yang paling bergengsi adalah kompetisi atletik di Olimpiade dan Kejuaraan Dunia Atletik IAAF. Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) merupakan badan pengelola olahraga internasional.

Rekor tampilan terbaik dicatat dalam pertandingan-pertandingan tertentu, di tingkat nasional maupun dunia, sampai ke tingkat perorangan. Namun jikalau seorang atlet dianggap sudah melanggar regulasi atau keputusan pertandingan, ia didiskualifikasi berasal dari kompetisi dan catatan rekornya dihapus.

Di Amerika Utara, makna trek dan lapangan bisa digunakan untuk merujuk terhadap pertandingan-pertandingan atletik lainnya, misalnya maraton, bukan hanya pertandingan berbasis trek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *